FREE HOTSPOT AREA

RADIO FORTUNA FM KUTOARJO 101.9 Mhz -> RADIONYA PARA PROFESIONAL

Senin, 01 September 2014

NEWS HARI INI, SENIN, 1 SEPTEMBER 2014



SENIN, 1 SEPTEMBER 2014
PURWOREJO EKSPRES
1.      Hasil Produksi Padi Menurun
PURWOREJO-Musim panen kali ini, produksi padi di Kabupaten Purworejo dipastikan turun dibanding musim sebelumnya. Berdasarkan hasil ubinan panen musim kemarau ini setiap satu hectare lahan mampu menghasilkan sekitar 6,5 – 7,5 ton gabah kering panen. Hasil itu menurun dibanding musim kemarau tahun sebelumnya yakni mencapai 7 – 8 ton per hectare. Sementara pada musim hujan lalu hasil ubinan mencapai 7-9 ton per hectare gabah kering panen. Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo Dri Sumarmo melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Eko Anang SW mengatakan, turunnya hasil panen itu disebabkan meningkatkan intensitasnya serangan hama , utamanya tikus dan wereng. Selain itu, turunnya hujan pada saat musim tanaman padi berbunga menyebabkan proses pembuahan menjadi terkendala. Dijelaskan, lahan padi yang terserang wereng mencapai 511 hektare. Wilayah terbanyak yang terserang wereng yakni Kecamatan Butuh mencapai 459 hektare, 3 hektare lahan diantaranya ggal panen. Serangan batang coklat tersebut diduga berasal dari wilayah Kebumen dan Banyumas lantaran dua wilayah tersebut yang pertama terserang hama. Pihaknay telah melakukan upaya penanggulangan dengan menyediakan obat, tapi serangan hama masih saja ada. Serangan hama ini tidak hanya terjadi di Purworejo, namun hamper diseluruh wilayah Jawa Tengah.

SUARA MERDEKA
2.      Tablig Akbar Jadi Wisata Dakwah
PURWOREJO-Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsudin memuji kehidupan dan hubungan antar umat beragama di Kabupaten Purworejo yang berlangsung harmonis. Suasana itu berhasil diciptakan berkat kerjasama kemitraan yang strategis antara organisasi keagamaan dengan pemerintah. Pujian itu disampaikan Din saat menjadi pembicara pada acara tablig akbar dan wisata dakwah serta halal bihalal Aisyiyah se-Eks Karesidenan Kedu di Alun- alun Purworejo, kemarin. Acara dalam rangka satu abad Aisyiyah itu dihadiri juga oleh Bupati Purworejo H Mahsun Zain, tokoh Muhammadiyah dan NU, pejabat teras dan ribuan warga se eks karesidenan kedu. Acara dilanjutkan dengan wisata alam dan kuliner di Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi. Din Syamsudin mengatakan, Purworejo emmiliki keunggulan luar biasa sejak zamandulu. Keindahan alam, seni budaya hingga tokoh agama, tokoh pergerakan dan para pahlawan nasional banyak yang lahir di Purworejo. Tata kehidupan masyarakat cukup baik. Pergaulan lintas agama juga terjaga dengan baik.

3.      Ratusan Warga Ikuti Jalan Sehat
KUTOARJO-Ratusan warga Kelurahan Semawung Kembaran, Kecamatan Kutoarjo  mengikuti kegiatan jalan sehat guna memperingati HUT ke-69 kemerdekaan RI, Minggu (31/8). Kegiatan bertajuk “Hidup Itu Sehat” itu mengambil rute mulai dari halaman kantor kelurahan setempat berjalan mengelilingi wilayah kelurahan Kutoarjo berjarak tempuh sekitar satu kilometer. Kades Semawung Kembran, Kecamatan Kutoarjo Suminto melalui Perangkat Kelurahan Semawung Kembaran, Ponirin mengatakan, peserta yang ikut kegiatan itu juga dibagikan kupon pembelian sembako murah senilai Rp 20.000. Panitia juga menyediakan hadiah hiburan. Kegiatan ini menjadi media kampanye hidup sehat. Dijelaskan, kampanye hidup sehat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik. Sebab berubahnya pola pergaulan dan beban pekerjaan kerap membuat warga melupakan olahraga. Salah satu warga, Saefudin (25) mengatakan, warga menyambut baik program itu sebagai sarana rekreasi keluarga. Melalui jalan sehat itu warga bisa saling bersilaturahmi dan mempererat kerukunan warga. Idealnya, kegiatan ini rutin dilakukan agar masyarakat menjadi lebih sehat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN DARI SOBAT FORTUNA

About Me

Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

RADIO FORTUNA FM

RADIO FORTUNA FM