FREE HOTSPOT AREA

RADIO FORTUNA FM KUTOARJO 101.9 Mhz -> RADIONYA PARA PROFESIONAL

Rabu, 03 September 2014

NEWS HARI INI, 3 SEPTEMBER 2014



3 SEPTEMBER 2014
SUARA MERDEKA
1.      Stupa Bagelen Akan Dikonservasi
PURWOREJO-Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah merekomendasikan upaya konservasi pada situs benda cagar budaya berupa stupa di Petilasan Nyai Bagelen di Desa atau Kecamatan Bagelen. Tujuannya, guna menjaga dan merawat benda cagar budaya untuk menghambat proses kerusakan dan pelapukan lebih lanjut. Rekomendasi ini muncul setelah Petilasan Nyi Bagelen terbakar Selasa (26/8) petang. Akibat kejadian itu stupa Bagelen yang ada di kompleks petilasan rusak. Kurang lebih 15 persen benda cagar budaya buatan abad ke-10 itu mengelupas dan ada bagian harmika yang rompal. Tim ahli BPCB kemudian melakukan pengecekan dan pendataan benda cagar budaya setelah mendapat laporan dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Purworejo. Kepala Dikbudpora Muh Wuryanto melalui Kepala Seksi Sejarah Kepurbakalaan dan Nilai Tradisi Dikbudpora, Eko Riyanto mengatakan, pihaknya memang melaporkan kebakaran kepada Bupati Purworejo, BPCB Jateng di Prambanan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng. Dijelaskan BPCB Jateng di Prmbanan maupun Pemkab Purworejo tidak akan melarang aktivitas religi yang dilakukan masyarakat, hanya saja pihaknya akan memberi penyuluhan agar siapapun yang masuk kawasan cagar budaya harus hati- hati, sehingga kebakaran tidak terulang kembali.

2.      Motor Dinas Kades Tak Diseragamkan
PURWOREJO-Pemkab Purworjeo dalam waktu dekat akan mengganti seluruh kendaraan operasional kepala desa (Kades). Pengadaan motor dinas (Kades). Pengadaan motor dinas Kades itu hanya tinggal menunggu waktu karena sudah dialokasikan dalam APBD Perubahan tahun 2014 yang sudah disetujui DPRD lama serta disahkan sebelum masa tugas berakhir.  Kendaraan dinas roda dua yang diperuntukkan bagi 469 desa se-Kabupaten Purworejo itu tidak akan diseragamkan, seperti kendaraan dinas yang dipakai Kades sekarang. Jenis dan tipe kendaraan disesuaikan kebutuhan dan kondisi wilayah kerja masing- masing desa. Sekda Purworejo Tri Handoyo yang memandu dalam pelaksanaan konferensi Kades dan Kepala Kelurahan se-Kabupaten Purworejo yang digelar di pendapa rumah dinas bupati kemarin mengatakan, alokasi anggaran pengadaan motor dinas tersebut sebesar Rp 25 juta. Anggaran itu untuk membeli sepeda motor baru, dan biaya administrasi pengadaan. Terkait hal tersebut, Bupati Purworejo Mahsun Zain telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 21.1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Bersifat Khusus untuk Pengadaan Kendaraan Operasional Roda Dua Kepada Desa se-Purworejo.

KEDAULATAN RAKYAT
3.      Pembangunan Jalan Wisata Disoal Warga
PURWOREJO-Pembangunan jalan wisata menuju Pantai Ketawang Indah di Desa Patutrejo Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo disoal warga. Mereka mempersoalkan belum jelasnya batas antara tanah hak milik dengan jalan dan menuntut pemerintah melakukan pengukuran ulang. Warga menilai ada bagian ruas sepanjang kurang lebih 1,8 kilometer itu yang dibangun di atas tanah hak milik. Yusman, pemilik tanah warga Desa Ketawangrejo Selasa (2/9) mengatakan, pihaknya hanya ingin mengetahui sebetulnya tanah hak milik yang kena pembangunan ada berapa meter. Warga tidak dalam posisi menolak namun hanya meminta kejelasan dari pihak terkait. Pembangunan menuai masalah karena pemerintah nekad mengerjakan padahal masyarakat menilai batas antara jalan dengan tanah milik pribadi belum jelas. Bahkan warga mengancam mematok tanahnya yang digunakan untuk jalan jika pemerintah belum juga merespons. Ditambahkan, proses peningkatan dari jalan desa menjadi jalan kabupaten juga tanpa dilakukan sosialisasi. Menurut warga pemilik tanah meminta desa melakukan pengukuran ulang. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purworejo Ir Fathori mengemukakan, pemerintah tidak akan gegabah membangun jalan jika statusnya tidak jelas. Pemerintah tidak akan mengaspal ruas di atas tanah milik perseorangan dan dibuktikan berdasarkan sertifikat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN DARI SOBAT FORTUNA

About Me

Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

RADIO FORTUNA FM

RADIO FORTUNA FM