FREE HOTSPOT AREA

RADIO FORTUNA FM KUTOARJO 101.9 Mhz -> RADIONYA PARA PROFESIONAL

Minggu, 21 September 2014

NEWS HARI INI, SENIN, 22 SEPTEMBER 2014



SENIN, 22 SEPTEMBER 2014
SUARA MERDEKA
1.      Bendung Bener Masuk Tahap Pembebasan Tanah
PURWOREJO-Pemerintah pusat tampaknya serius untuk merealisasikan pembangunan megaproyek bending atau waduk di Desa Guntur, Kec. Bener, Purworejo. Pembangunan infrastruktur pengairan itu, bahkan saat ini sudah memasuki tahap pembebasan tanah. Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral Kabupaten Purworejo Susanto mengatakan, Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) suah selesai melakukan studi Land Acquisition Resettlement Action Plan (LARAP). Susanto menjelaskan, studi LARAP itu diperlukan untuk menganalisa tentang rencana tindakan pengadaan tanah dan pemukiman bagi megaproyek bending Bener tersebut. Diungkapkannya, kebutuhan luas lahan untuk pembangunan bendung Bener mencapai 649,9 hektare. Dari total kebutuhan lahan tersebut, yang paling luas area genangannya berada di Kabupaten Purworejo yang mencapai 534,4. Proses pembangunan bendung Bener ini direncanakan sampai tahun 2019 dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp 1,9 triliun. Ditambahkan Susanto, jika pembangunan bendung Bener tersebut bisa terealisasi, maka akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Purworejo. Terutama untuk sektor pertanian akan memperoleh manfaat yang sangat besar.

2.      SDM Petani Perlu Ditingkatkan
PURWOREJO-Keinginan Purworejo memiliki kampung bibit masih membutuhkan persiapan lama. Salah satu yang harus dilakukan yakni meningkatkan SDM Petani, mulai dari proses produksi, pemasaran, sampai menciptakan kultur lingkungan yang mendukung konsep wisata bibit. Selain itu, pembangunan sarana infrastruktur juga harus dilakukan untuk menopang agenda tersebut. Impian itu bisa terealisasi bila semua pihak saling terlibat dalam program itu. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Purworejo, Argo Prasetyo menyampaikan, selama ini petani masih menerapkan sistem perkebunan tradisional yang dilakukan apa adanya. Nantinya, pihaknya akan melakukan pendampingan intensif kepada petani agar mampu menerapkan sistem modern. Program iyu merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan petani perkebunan bibit yang ada di tiga kecamatan yakni Kec. Pituruh, Kemiri, dan Bruno.

PURWOREJO EKSPRES
3.      Elpiji 3 Kg Tembus Rp 25 Ribu
KEMIRI-Kelangkaan gas elpiji 3 kilogram, masih berlanjut. Meski pemkab menyatakan tak terjadi kelangkaan, pembatasan dan pengurangan kuota jatah penjualan dimasing- masing pengecer memaksa para pengguna gas elpiji saling berebut. Bahkan harga elpiji ukuran 3 kilogram ditingkat pengecer sudah mulai tak terkendali. Dibeberapa desa, harga gas melon ini tembus hingga Rp 25 ribu setiap tabung. Meski ditiap pedagang berbeda- beda, namun rata- rata pengecer mulai menjual gas elpiji dengan harga Rp 20 ribu per tabung. Seorang warga mengatakan, kini masyarakat kesulitas untuk mendapatkan gas elpiji bersubsidi. Warga berharap, pertamina dan Pemkab secara serius diminta bisa mengatasi kelangkaan gas elpiji, diharapkan, pertamina dan pemkab untuk turun langsung guna mencari tau yang sebenarnya terjadi. Jika memang terjadi kelangkaan harus ada upaya serius, jika ada penyalah gunaan atau terdapat agen nakal supaya ditindak secara tegas. Agar warga bisa kembali mendapatkan elpiji secara lancar.



0 komentar:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN DARI SOBAT FORTUNA

About Me

Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

RADIO FORTUNA FM

RADIO FORTUNA FM