FREE HOTSPOT AREA

RADIO FORTUNA FM KUTOARJO 101.9 Mhz -> RADIONYA PARA PROFESIONAL

Selasa, 07 Oktober 2014

NEWS HARI INI, SELASA 7 OKTOBER 2014



SELASA, 7 OKTOBER 2014
PURWOREJO EKSPRES
1.      Hari Jadi Purworejo Kembali Disoal
PURWOREJO-Usia Kabupaten yang memasuki 1.113 tahun pada 5 Oktober kemarin kembali dipertanyakan. Pasalnya usia tersebut dirasakan terlalu tua, bahkan jauh lebih tua dari kota Jakarta atau bahkan Jogjakarta. Luhur Pambudi mengatakan, Hari Jadi Kabupaten Purworejo yang didasarkan pada Bumi Kayu Ara Hiwang yang ditetapkan menjadi Sima atau daerah perdikan dengan Prasasti Kayu Ara Hiwang mungkin bisa menjadi sebuah kehidupan baru waktu itu. Keberadaan Perda tentang penetapan Hari Jadi Kabupaten Purworejo, jika memang tidak relevan, tentu bisa diganti. Namun harus dengan pengkajian yang benar dan tidak hanya berdasar pada kepentingan pribadi maupun kelompok. Tahun lalu Kekerabatan Warga Pecinta Purworejo (KWPP) melakukan kampanye penolakan hari jadi ini. Liyanto koordinator KWPP di depan gedung DPRD saat sidang paripurna Hari Jadi mengatakan, pengucapan pertama kali kata Purworejo dilakukan oleh Cokronegoro I tanggal 30 Juni 1830, dimana sata itu Cokronegoro mengatakan jika jadi bupati, Brengkelan (nama Kadipaten sebelum Purworejo ) mau diganti Purworejo yang berarti Purwo itu wiwitan dan REjo itu makmur. Dengan dmeikian harusnya usia kabupetan Purworejo tahun ini adalah yang ke-183.

SUARA MERDEKA
2.      Debit Air Irigasi Turun Drastis
PURWOREJO-Memasuki puncak musim kemarau, pengguna air irigasi yang masih tersedia harus tepat jadwal. Air yang ada harus dipergunakan dengan baik. Pasalnya, penggunaan air yang tidak tepat jadwal bisa memicu terjadinya konflik antar petani. Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Purworejo, Susanto mengatakan, penurunan debit air irigasi di Kabupaten Purworejo mencapai lebih dari 75 persen. Penurunan itu terjadi karena debit air dari sungai yang dibendung menurun drastis. Untuk mengelola air yang ada, pihaknya melakukan sistem penggiliran. Tindakan itu dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kelautan serta Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A). Susanto meminta para petani agar menepati jadwal tanam musim tanam (MT) II tahun 2014.

3.      Lalu Lintas Jalur Selatan Berkurang
PURWOREJO-Intensitas arus lalu lintas di jalur selatan terus berkurang seiring dilakukannya uji Coba Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang beberapa hari lalu. Arus lalu lintas terpantau lancar dan tak ada lagi pemandangan antrean truk bernotase tinggi di sepanjang jalan. Kesibukan di sejumlah rest area di Kabupaten Purworejo juga turut berkurang dan tampak lengang. Proses persimpangan jalan di sejumlah persimpangan juga terlihat lancar. Kepala Dishubkominfo Agus Budi Supriyanto mengatakan, kendati arus lalu lintas di jalur selatan mulai berkurang, pengendara diimbau selalu waspada lantaran lalu lintas belum sepenuhnya normal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN DARI SOBAT FORTUNA

About Me

Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

RADIO FORTUNA FM

RADIO FORTUNA FM