FREE HOTSPOT AREA

RADIO FORTUNA FM KUTOARJO 101.9 Mhz -> RADIONYA PARA PROFESIONAL

Rabu, 04 Maret 2015

Di Usia Berapa Anak Boleh Punya Akun Media Sosial?
Jumat, 27 Februari 2015
Kendati usia 13-14 tahun anak sudah bisa diizinkan memiliki akun media sosial sendiri, namun orangtua tetap harus mengawasinya dengan ketat. (FOTO: KIDSCREEN.COM)
Kendati usia 13-14 tahun anak sudah bisa diizinkan memiliki akun media sosial sendiri, namun orangtua tetap harus mengawasinya dengan ketat. (FOTO: KIDSCREEN.COM)
Tabloidnova.com – Kita tentu dapat melihat ketentuan yang dikeluarkan oleh setiap aplikasi media sosial. Mereka memiliki ketentuan standar usia para calon penggunanya, di mana ketentuan yang dibuat itu telah terlebih dulu melalui riset atas standar yang mereka tentukan.
Bila Anda belum tahu di usia berapa sebaiknya anak boleh punya akun media sosial , secara umum rata-rata media sosial membatasi agar calon penggunanya telah berusia cukup matang alias di batas 18 tahun.
Sebab, bila usia masih terlalu dini atau masih kanak-kanak, ia cenderung tidak akan berpikir panjang dalam bertindak.
Oleh karena itulah, di saat fenomena media sosial tak dapat dihindari di kalangan anak-anak dan remaja, maka peran orangtua sangat diperlukan.
Orangtua wajb untuk terus memantau dan mengawasi gerak-gerik anak-anak dan remajanya saat berkegiatan dengan media sosial mereka.
“Tujuan orangtua untuk mengawasi anak-anak dan remajanya saat bermedia sosial ini tentu agar media sosial tidak membentuk karakter anak menjadi buruk atau negatif,” tutur Amalia Sari Utamo, creative director sebuah digital agency , dalam workshopParenting in Social Media ” di acara Social Media Week Jakarta 2015.
Mengingat aturan pertama untuk memiliki akun media sosial adalah batasan umur, maka orangtua disarankan mencegah anak-anaknya membuat media sosial bila belum berusia 18 tahun. Bila sebelum usia tersebut anak ingin membuat akun media sosial, sebaiknya orangtua yang mendaftarkan. Orangtua juga harus tahu password yang digunakan untuk masuk (log in ) ke akun media sosial tersebut.
Lantas, bila orangtua bersedia terus mengawasi dan memberi pendampingan, di usia berapa sebaiknya anak boleh punya akun media sosial?
“Usia 8 tahun, anak-anak biasanya sudah mulai minta dibuatkan akun media sosial. Tapi menurut saya, sebaiknya anak diizinkan punya akun media sosial di usia 13-14 tahun saja. Tapi, tetap dengan pengawasan ketat,” kata Amalia.
Intan Y. Septiani

0 komentar:

Posting Komentar

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN DARI SOBAT FORTUNA

About Me

Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

Untuk keperluan sponsorship atau kerjasama silakan menggunakan logo ini.

RADIO FORTUNA FM

RADIO FORTUNA FM